Selamat sore fellas,
Dalam kesempatan kali ini gue bakal share tentang aplikasi atau situs yang dapat membantu kalian bekerja dalam tim. Dalam kasus ini gue ambil contoh di bidang Tim Developer, namun aplikasi-aplikasi berikut ini juga dapat membantu kalian dalam bidang apapun selama itu bentuknya tim. Disini gue bakal share 3 aplikasi, kenapa ga banyak? Karena yang pernah gue coba cuman 3, jadi gue bakal share berdasarkan apa yang gue sudah alami. Tapi, kalo diantara kalian ada yang tahu selain 3 itu silahkan tulis di komentar biar bermanfaat untuk pembaca lain.Berikut adalah Aplikasi / Situs nya:
Google Drive
Google Drive adalah aplikasi dari google dimana pengguna dapat memiliki ruang penyimpanan online, dimana ruang penyimpanan ini dapat di share dengan pengguna google+ lain. Menurut gue google ga pelit buat ngasih kapasitas gratisan buat penggunanya, jadi saat kalian bikin akun google secara otomatis kalian dapat free space 15GB, lumayan banyak kan untuk nyimpan file-file kerja?. Tapi kalo data kalian siatas kapasitas itu, mau gak mau harus mengeluarkan uang untuk kapasitas lebih besar.Nah, gue menggunakan Google Drive ini untuk menyimpan dokumen-dokumen di dalam tim, mulai dari laporan, timeline, dokumentasi-dokumentasi pendukung aplikasi (yang tim kerjakan). Jadi semuanya terpusah ke satu akun drive. Selain itu, kita bisa tracking data yang masuk dan keluar atau dihapus, misal yang ngerubah data siapa yang menghapus data siapa dan jam berapa. Folder didalam gDrive juga dapat kita tandai dengan warna, kalo menurut gue biar lebih menarik aja dan menandai prioritas dokumen, misal kita kasih warna merah untuk dokumen yang deadline nya sudah dekat, hijau yang sudah selesai, dll.
Meister Task
Meister Task merupakan aplikasi berbasis web, aplikasi ini dapat membantu pekerjaan dalam mendukung proses produksi / task di dalam tim. Kita dapat membuat swimlines yang menunjukan proses atau posisi dari tugas yang sedang dikerjakan. Di setiap swimline kita dapat menambahkan tugas setiap orang serta detail tugasnya, sehingga semua anggota tim dapat mengetahui tugas-tugasnya satu sama lain. Keuntungan menggunakan Meister task menurut gue yaitu membantu mempersingkat pekerjaan karena waktu untuk menanyakan / diskusi terpotong karena tanpa kita tanya kita sudah tau proses yang sedang berlangsung dan langkah apa yang harus dikerjakan selanjutnya. Jika sebuah projek sudah selesai kita juga dapat mendokumentasikannya dengan meng-export-nya kedalam bentuk file csv dan di arsipkan sehingga lebih rapi dan jika sewaktu-waktu perlu dapat dibuka kembali.Git Lab
Dalam pekerjaan IT atau tim developer atau programmer git lab ini sangat membantu sekali untuk menampung projek didalam tim. dalam satu tim bisa terdiri dari lebih dari satu programmer sehingga kita memerlukan suatu wadah untuk menampung dan memusatkan pekerjaan kita. Nah, di GitLab ini setiap anggota tim dapat menarik pekerjaan (PULL) dan memasukan pekerjaanya (PUSH) ke dalam satu wadah di dalam gitlab dimana pekerjaan yang sudah di PUSH (dimasukan ke project gitlab) akan di PULL (ditarik) oleh anggota tim yang lain untuk mengerjakan pekerjaannya, sehingga antar anggota tidak harus menunggu anggora yang lain beres dulu, Jadi semuanya bisa bekerja dalam waktu yang sama walaupun mengerjakan task yang sama dalam satu projek aplikasi.
Gue belum ngulik-ngulik soal aplikasi ini lebih dalam sih, disini juga dapat memasukan task/bugs/issue cuman gue gak pake fitur itu. Kalo ada yang udah pake dan lebih tahu banyak boleh di share di komentar...
Okay, sekian dari gue. mohon maaf kalau catatan gue kurang lengkap dan masih banyak yang kurang. Tapi dari sini kita bisa belajar dasarnya dan seterusnya silahkan improvisasi saja ya fellas (((((:
_Share is Care
0 comments:
Post a Comment